Langsung ke konten utama

Tutorial Menanam Bawang Merah Melalui Media Pot Bunga di Pekarangan Rumah

Kali ini, KikiJay.com punya kesempatan menulis tutorial atau tata cara menanam bawang merah dengan menggunakan media pot bunga. Kebetulan tutorial ini langsung saya praktekan menggunakan pot bunga di depan rumah mertua yang gak terpakai.
Di Minggu pagi, sambil membantu Babeh mertua yang sedang bersih-bersih taman depan rumah, saya inisiatif mencoba memanfaatkan 5 pot bunga yang terparkir nganggur di pojok taman. Hitung-hitung cari keringat sekalian bantu nemanin Babeh mertua yang lagi asyik dandanin taman yang sudah beberapa bulan terakhir tidak pernah diurus.
Langsung saja ya silakan simak langkahnya berikut ini.
1. Siapkan bibit bawang merah. Bawang berah yang baik untuk bibit adalah bawang merah yang kering dan sudah melalui proses pengeringan di bawah sinar matahari yang cukup. Kalau di kampung saya nih, tanda-tanda bawang kering adalah yang dijemur selama 4-6 hari, Warna daun menguning, biji merah, dan terdapat beberapa kulit daging bawah yang terkelupas dengan sendirinya.
2. Siapkan pisau dapur.
3. Siapkan media tanam berupa pot bunga yang sudah dimasukkan tanah subur. Bisa juga ditambahkan pupuk kompos di baguan tengah atau paling atas.
4. Potong bagian atas bawang merah, kira-kira seperempat bagian atas bawang.
5. Letakkan bilahan bawang merah yang sudah dipotong dengan menekan pelan bawang di atas media tanam yang sudah disiapkan. Pastikan bagian atas bawang merah yang terpotong terlihat dan tidak tertutup tanah.
6. Meletakkan benih antar bawang dengan jarak yang cukup antara 4 - 5 jari tangan (atau selebar telapak tangan).
7. Siram bawang merah yang sudah ditanam dengan cara dipercikkan agar bibit tidak terlepas dari tempatnya. Bisa juga menggunakan selang atau ceret yang mengeluarkan air dengan lembut atau pelan.
8. Tempatkan media pot yang sudah ditanami bawang merah di area terbuka yang agar bisa terkena sinar matahari secara langsung.
7. Siram bawang merah antara 2 sampai 3 hari sekali. Jika ada hujan, biarkan hujan menyiraminya dengan rentang jadwal tersebut. Jika hujan turun setiap hari, teduhkan pot bawang merah di tempat yang tidak terkena hujan dengan sistem 2x1 (dua hari tidak kena hujan, satu hari kena hujan).
8. Beri pupuk secukupnya sesuai takaran yang ditentukan setiap jenis pupuk. Sebaiknya pupuk dengan jenis pupuk kandang agar lebih aman dan tidak salah takaran.
9. Bersihkan semua tanaman pengganggu seperti rumput. Jangan biarkan tanaman pengganggu besar bersama bawang apalagi tingginya melampau tanaman bawang.
Demikian sobat selamat mencoba menanam bawang merah semoga berhasil.
Lihat juga foto-fotonya di bawah ini agar lebih paham langkah-langkahnya.

Artikel Terkait


PENTING!!

Semua tulisan merupakan pendapat pribadi dan tidak mewakili pihak mana pun. Jika berasal dari sumber lain, maka akan tertulis jelas pada setiap tulisan.

Semua tulisan bisa diambil, copy, dishare, atau digandakan. Tapi ingat, hargai karya orang dengan mencantumkan sumber aslinya.

© Zain Usman Design by Seo v6