Langsung ke konten utama

Menanam Bawang Merah di Tanah Depok

Kegiatan/Judul:
Tanam Bawang Merah di Depok
Hari/Tanggal:
Minggu, 18 September 2016
Pukul 15.00 WIB
Tempat:
Tanah Belakang Rumah Pak RW Rawi dan Bang Wahir
Detail:
Sukses menanam bawang merah melalui media pot bunga di taman depan rumah mertua, kini saya mencoba peruntungan dengan menanamnya langsung di tanah di belakang rumah Pak RW Rawi dan Bang Wahir (saudara mertua). Bibitnya langsung didatangkan dari Bima, dibawa Lei saat pulkam lebaran Idul Fitri lalu.
Sebenarnya ini bawang buat bumbu dapur. Namun beberapa minggu terakhir ini saya dan istri menginap di rumah mertua. Jadi bawang merah yang ada di rumah saya hanya bergelantungan di lantai 2 karena tidak terpakai.
Untuk tahap awal ini, bawang yang ditanam sekitar 12 meter panjang media tanahnya. Lebarnya sekitar 2 jengkal tangan orang dewasa. Tanahnya dibuat undukan atau kaya gunung kecil yang memanjang, dan di bukitnya dibuat datar dan rata.
Bibit bawang ditanam berbaris dengan masing-masing baris 3 biji.
Di sekitarnya sudah ada pohon cabe dan kacang panjang. Jadi meski berada di perkampungan, suasananya seperti sawah di desa.
Di minggu pertama, bibit bawang sudah akan tumbuh sekira 4 -7 meter. Di minggu kedua dan ketiga, ketinggiannya sudah mencapai 90%. Sementara pada minggu keempat dan seterusnya, peningkatan tinggi daunnya tidak lagi terlihat. Sekitar minggu kelima, perkembangan sudah mulai fokus ke bijinya. Hingga nanti panen pada hari ke-75 an atau sekitar 2 bulan.
Foto-Foto:

Artikel Terkait


PENTING!!

Semua tulisan merupakan pendapat pribadi dan tidak mewakili pihak mana pun. Jika berasal dari sumber lain, maka akan tertulis jelas pada setiap tulisan.

Semua tulisan bisa diambil, copy, dishare, atau digandakan. Tapi ingat, hargai karya orang dengan mencantumkan sumber aslinya.

© Zain Usman Design by Seo v6