Langsung ke konten utama

27 Rahasia Agar Zoom Meeting Berjalan Lancar Tanpa Hambatan (Seri 1)

Aplikasi zoom lagi naik daun. Pekerja kantoran, anak kuliah, murid sekolah, hingga rakyat biasa, tanpa terkecuali sudah menjajakinya. Kuliah, sekolah, belajar, meeting, hingga reuni online lajim diselenggarakan berbagai kalangan pasca Pandemi Covid-19 melanda dunia.

Nah, sobat. Saya, bisa jadi satu dari sekian banyak orang yang sangat aktif berteman dengan aplikasi zoom.

Sejak corona mewabah, sudah ratusan kegiatan via zoom ditangani. Setidaknya 5 pertemuan zoom setiap minggunya, sebagai Host tunggal atau Co-Host. Belum lagi sebagai peserta.

Menjadi Host banyak zoom meeting formal dan non formal, ada banyak pengalaman yang didapat dalam meng-handle sebuah zoom meeting. Dan, dengan senang hati bisa membaginya melalui tulisan sederhana ini agar bisa dibaca siapa saja yang membutuhkan.

Berikut 27 rahasia agar zoom meeting berjalan lancar tanpa hambatan, yang disajikan secara bertahap dalam 4 seri.

1. Pakai zoom versi berbayar

Gratis itu memang asyik. Tapi tidak dengan akun zoom. Pakai versi free berarti siap-siap meetingmu berhenti di tengah jalan. Akun free hanya memberimu waktu 40 menit untuk melaksanakan meeting.

Jadi, sebelum meeting, sebagai panitia pastikan akun yang dipakai menggunakan versi berbayar karena kamu bisa maksimal memanfaatkan zoom meeting dengan durasi sesuai kebutuhan. Ini tidak berlaku bagi peserta ya, karena peserta bisa pakai akun zoom gratis, tidak masalah.

Zoom hanya menyediakan 2 pilihan, bisa 1 bulan atau 1 tahun. Biaya per bulan sekitar 14 dolar per 1 host, atau sekitar 200 ribu. Untuk 1 tahun ya tinggal dikali 12 saja ya.

2. Gunakan 'cupon code'

Tapi tenang, ada cara jitu menghemat anggaran zoom. Di mbah google, banyak tersedia cupon code yang bisa menghemat anggaran hingga 70%.

Caranya, masukan kata kunci 'cupon code zoom' di google maka akan keluar banyak pilihan. Cari dan cari kupon yang pas, lalu masukkan ke kolom Cupon Code yang tersedia saat mendaftar zoom versi berbayar.

Jangan lupa siapkan juga kartu kreditmu ya, karena zoom hanya menerima pembayaran via kartu kredit.

3. Pastikan akun tidak dipakai bersamaan

Jika kamu pakai versi berbayar dengan 1 host karena lebih hemat, pastikan meetingmu tidak bersamaan dengan meeting lain. Akun dengan 1 host berarti hanya ada 1 meeting yang boleh dilaksanakan pada jam yang sama.

Jika kamu meng-handle banyak meeting, solusinya daftar akun dengan lebih dari 1 host atau bisa juga mengatur jadwal meetingmu agar tidak bentrok.

Cara melihat daftar meeting yang sudah di-scedule, masuk akun zoom, lalu klik menu 'Meetings'. Di situ akan terlihat semua meeting yang sudah diagendakan. Cek dan pastikan lagi di menu 'Meetings' tersebut.

4. Gladi sebelum acara dimulai

Jangan sepelekan gladi zoom meeting. Gladi sangat penting untuk mengantisipasi banyak hal tak terduga yang mungkin terjadi selama meeting sebenarnya berlangsung. Apalagi untuk meeting formal atau yang kita anggap penting. Jika hanya reunian, mungkin tidak perlu ya.

Gladi bisa dilakukan sesaat, atau beberapa hari sebelumnya. Pastikan semua pantia, atau paling tidak host dan co-host ikut gladinya ya.

5. Registrasi peserta lebih awal

Seperti halnya meeting biasa, zoom meeting juga perlu pastikan agar peserta login atau registrasi lebih dulu. Untuk acara besar di atas 100 orang, panitia perlu kasih waktu 1 jam sebelum acara dimulai. Semua peserta akan antri atau menunggu di waiting room jika saat scedule meeting disetting untuk menunggu di waiting room.

Acara resmi atau yang pesertanya di atas 100 orang, apalagi melibatkan orang dari beragam latar belakang, sangat tidak disarankan peserta untuk menunggu lama di waiting room. Sebab, pengalaman membuktikan lama di waiting room akibatnya peserta akan keluar, bisa-bisa tidak balik lagi. Bisa karena dikira tidak bisa login, tidak diterima panitia, atau mungkin dianggap ada kendala jaringan.

Jadi, pastikan paniti sudah pegang rekap peserta sehingga bisa langsung di addmit ketika mereka masuk di waiting room.

6. Jangan gunakan email pribadi

Sudah banyak sekali bukti, menggunakan email pribadi untuk login atau mendaftar akun zoom sangat tidak aman. Apalagi email itu dipakai untuk urusan privat seperti mobile banking, paypal, akun marketplace, emoney, dll yang bersifat rahasia.

Solusinya, jika terlanjut mendaftar pakai email pribadi, segera non aktifkan secara permanen caranya klik link ini. Lalu, daftar ulang dengan email lain atau bikin email baru untuk mendaftar akun zoom.

7. Login pakai ID dan password meeting

Cara aman lain adalah login atau masuk meeting zoom dengan ID dan password yang disediakan panitia. Jika tidak ada, jangan sungkan untuk meminta pada penyelenggara. Setiap meeting zoom ada ID dan passwordnya yang disetting panitia saat mengatur 'Schedule a Meeting'. Gunanya untuk menjamin kemanan akun dan email peserta.

ID biasanya berupa angka 10 digit, sementara password bisa berupa angka atau password khusus yang sudah di-custome oleh panitia misalnya: reunismansa.

Bersambung ---

Artikel Terkait

Komentar

  1. 1. Soal nomor ..... jawaban 1 ..... jawaban 2 ..... alasan 1 ..... alasan 2 ...... total nilai .....

    2. Soal nomor ..... jawaban 1 ..... jawaban 2 ..... alasan 1 ..... alasan 2 ...... total nilai .....

    3. Soal nomor ..... jawaban 1 ..... jawaban 2 ..... alasan 1 ..... alasan 2 ...... total nilai .....

    BalasHapus
  2. 1. Soal nomor ..... jawaban 1 ..... jawaban 2 ..... alasan 1 ..... alasan 2 ...... total nilai .....

    2. Soal nomor ..... jawaban 1 ..... jawaban 2 ..... alasan 1 ..... alasan 2 ...... total nilai .....

    3. Soal nomor ..... jawaban 1 ..... jawaban 2 ..... alasan 1 ..... alasan 2 ...... total nilai .....

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan ketik ucapan selamat atau komentar di sini:


PENTING!!

Semua tulisan merupakan pendapat pribadi dan tidak mewakili pihak mana pun. Jika berasal dari sumber lain, maka akan tertulis jelas pada setiap tulisan.

Semua tulisan bisa diambil, copy, dishare, atau digandakan. Tapi ingat, hargai karya orang dengan mencantumkan sumber aslinya.

© Zain Usman Design by Seo v6