Langsung ke konten utama

Cname Blogspot Tidak Muncul Saat Custom Domain? Ini Solusinya!

Saya sangat bingung, kenapa cname blog saya tidak muncul saat custom domain di blogspot. 

Ceritanya, saya sempat kecewa dengan layanan penyedia jasa domain Atrium Hosting yang selama 10 tahun terakhir saya percaya. Puncak kekecewaan itu terjadi sekitar setahun yang lalu, ketika saya order 3 domain sekaligus dalam satu kesempatan. Namun domain yang saya impikan tidak terwujud. Bahkan akun saya di Atrium Hosting diblokir sehingga tidak bisa komplain, apalagi klaim domain. 

Versi lengkapnya kekecewaan ini akan saya ceritakan pada artikel berikutnya. 

Akibat kekecewaan itu, saya memutuskan pindah ke Niaga Hoster. Ternyata layanannya mantaf sangat rekomended untuk penyedia layanan domain dan hosting. Gak diendorse ya. Ini murni ungkapan hati. 

Blog www.zainusman.com ini akhirnya dilakukan proses transfer domain. 

Customer service Niaga Hoster seperti biasa melayani prosesnya dari awal. 

Sampai suatu ketika pada tahap proses custom domain di blogspot pun tiba. Saya sangat heran kenapa cname yang biasanya muncul saat proses custom domain di blogspot di-save, kali ini tidak bergeming. Tidak ada tanda-tanda kehidupan sama sekali. Kode cname yang diharapkan pun entah kemana perginya. 

Beberapa kali dituntun oleh tim Niaga Hoster namun hasilnya pun nihil. Karena sambil kerja, komunikasi saya melalui chatroom di Niaga Hoster selalu terputus. Hingga hampir sebulan berlalu, saya menyiapkan waktu khusus untuk menyelesaikan hal ini. 

Saya pun kembali kontak di chat room Niaga Hoster. Awalnya mungkin dia heran juga kenapa cnamenya tidak muncul. Setelah satu dua kali diarahkan, akhirnya dia kasih satu cara dan saya pun mencobanya. Dan ITU BERHASIL!

Caranya adalah:

1. Klik link https://www.google.com/webmasters/verification/details

2. Maka akan muncul halaman yang berisi semua blog kita, seperti ini:


3. Klik blog yang mau kita cari cname-nya, lalu akan muncul kaya gini:


4. Klik "Details" pada layar tersebut, maka akan muncul cname1 dan cname2nya. 

5. Tinggal copy paste ke DNS penyedia domain Anda.

6. Selesai.

Selamat mencoba ya. 


Artikel Terkait

Komentar


PENTING!!

Semua tulisan merupakan pendapat pribadi dan tidak mewakili pihak mana pun. Jika berasal dari sumber lain, maka akan tertulis jelas pada setiap tulisan.

Semua tulisan bisa diambil, copy, dishare, atau digandakan. Tapi ingat, hargai karya orang dengan mencantumkan sumber aslinya.

© Zain Usman Design by Seo v6