Langsung ke konten utama

Isi New Normal dengan Ngeblog, Asyik dan Menyenangkan

Jangan ditanya,  bencana Covid-19 sudah banyak makan korban. Tidak hanya korban nyawa, tapi yang tidak kalah parah mereka yang jadi korban kejenuhan  dan kebosanan.

Nah, untuk mengisi waktu juga ampuh hilangin jenuh dan bosan, banyak hal sih yang bisa kita lakukan. Tentunya hal-hal yang bermanfaat ya.

Saya sendiri, juga banyak hal yang sudah dilakukan, di rumah atau di kantor sambil kerja tentunya. Salah satunya ngeblog, alias utak atik blog.

Lagi utak atik blog di sela-sela waktu kerja WFO

Meski gak punya dasar pendidikan IT, ngeblog sudah saya lakukan puluhan tahun lalu. Tepatnya saat duduk di bangku kuliah tahun 2001 silam. Hingga kini, sudah puluhan blog yang sudah saya buat. Mulai dari yang gratisan dan masih pake bawaan blogspot, sampai berbayar pakai nama domain khusus.

Di saat New Normal ini, di kala yang lain sibuk dan kejar tayang jadi Youtuber, saya kembali aktif lagi utak atik blog pribadi. Nama domainnya pun sudah berganti beberapa kali. Dan kali ini, sepertinya ini yang terakhir, hadir dengan nama baru www.zainusman.com.

Kenapa memilih nama domain ini, nanti akan saya bahas di lain tulisan ya. Tunggu aja.

Nah, kembali ke topik ya.

New Normal dan Ngeblog, sekilas memang tidak ada kaitannya. Tapi bagi para blogger, kedua hal ini tentu punya makna sendiri. Banyak dari para blogger yang menghabiskan hari-harinya untuk ngeblog sejak pandemi ini membatasi keinginan setiap orang untuk keluar rumah.

Dibanding para Youtuber, sepertinya kondisi kaya gini lebih menguntungkan bagi para blogger. Sementera youtuber harus membuat konten yang akrab kontak dengan orang lain, blogger cukup adem ayem di kamar bahkan dengan menyendiri berjam-jam dan berhari-hari.

Saya sendiri merasakan, begitu asyiknya ngeblog. Dan ngeblog itu bikin kita lupa akan waktu. Ngeblog juga butuh keahlian 'khusus'. Khusus saya pakai tanda petik, karena punya makna banyak. Tidak hanya keahlian khususnya terkait coding, tapi juga butuh kesabaran, ketelitian, keuletan, dan punya sense of art atau punya rasa seni.

Bayangin deh, jika seorang blogger gak sabar. Bisa-bisa blog yang sebenarnya sudah jadi, bisa hancur berantakan karena gak sabar klak klik sehingga salah coding. Soal ketelitian jangan ditanya.

Coding yang begitu banyak, salah titik saja bisa bikin tampilan blog gak karuan, bahkan gak bisa diakses. Ulet, tentu harus dimiliki bagi setiap blogger. Karena ada banyak hal yang harus diulang dan diulang, semata untuk mencari code yang pas, atau tampilan yang menarik.

Bagaimana dengan rasa seni? Ini kudu dan wajib. Tentu masing-masing blogger punya nilai seninya sendiri. Nilai seni ini menuntun seorang blogger menciptakan blog yang unik, menarik, dan memiliki daya tarik untuk dikunjungi orang.

Semua hal itu harus dimiliki seorang blogger.

Ngeblog, akan lebih seru dan asyik jika kita punya kemampuan dasar menulis. Atau setidaknya suka menulis, menuangkan ide-ide yang ada di kepala menjadi sebuah tulisan yang enak dibaca, syukur-syukur tulisannya menarik.

Dengan utak-atik coding aja sudah habiskan banyak waktu, bagaimana ditambah lagi dengan aktifitas menulis artikel, berita atau opini. Bagi yang awam, ini tentu buang-buang waktu. Tapi tidak dengan blogger sejati. Keahlian coding ditambah kemampuan dasar menulis kudu wajib dimiliki setiap blogger sejati.

Kedua hal inilah yang bikin ngeblog itu asyik dan menyenangkan, seperti judul tulisan ini.

Nah bagaimana sobat, masih ada yang minat jadi blogger?

Artikel Terkait

Komentar


PENTING!!

Semua tulisan merupakan pendapat pribadi dan tidak mewakili pihak mana pun. Jika berasal dari sumber lain, maka akan tertulis jelas pada setiap tulisan.

Semua tulisan bisa diambil, copy, dishare, atau digandakan. Tapi ingat, hargai karya orang dengan mencantumkan sumber aslinya.

© Zain Usman Design by Seo v6