Langsung ke konten utama

Memahami tes TKP Sekolah kedinasan

 Hampir serupa dengan seleksi CPNS, dalam seleksi sekolah kedinasan juga terdapat suatu tahapan seleksi berupa Tes SKD. Tes tersebut juga akan dilaksanakan dengan menggunakan Computer Asissted Tes (CAT) dari BKN atau Badan Kepegawaian Nasional. Lalu, adakah cara agar kamu bisa memperbesar peluangmu lolos Tes SKD Kedinasan? Kamu bisa menyimak penjelasan Mamikos yang berikut ini tentang tips menjawab soal Tes SKD Kedinasan supaya kamu bisa lulus.

Tentang Materi Dalam Tes SKD Kedinasan

Sebelum masuk kepada materi tentang tips menjawab soal Tes SKD Kedinasan, Mamikos akan terlebih dahulu menjelaskan tentang apa itu SKD dan bagaimana ketentuannnya. Seperti yang sudah Mamikos sebutkan sebelumnya, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dilakukan dengan menggunakan sistem Computer Asissted Tes (CAT) dari BKN. Untuk sampai ke tahap Tes SKD Kedinasan, kamu harus terlebih dahulu menyelesaikan pendaftaran di laman resmi masing-masing sekolah kedinasan pilihanmu. Setelah mendaftar, kamu akan menjalani seleksi administrasi atau seleksi berkas dan jika kamu dinyatakan lolos, maka kamu akan sampai ke tahap Tes SKD.

Apa saja materi yang diujikan di Tes SKD Kedinasan? Tes SKD sendiri dilakukan untuk menggali pengetahuan, keterampilan, dan sikap atau perilaku peserta yang meliputi wawasan dalam lingkup nasional, regional, dan internasional. Sehingga, materi yang diujikan dalam Tes SKD Kedinasan adalah seputar hal-hal tersebut. Untuk lebih jelasnya, Tes SKD Kedinasan dibagi menjadi 3 bagian yaitu sebagai berikut.

  1. Tes Intelegensi Umum (TIU)
  2. Tes Karakteristik Pribadi (TWK)
  3. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Materi Tes SKD Kedinasan

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Dalam Tes Wawasan Kebangsaan atau TWK, kamu akan menghadapi sebanyak 35 butir soal dengan skor nilai 5 untuk jawaban benar dan tidak ada pengurangan nilai untuk jawaban salah. TWK merupakan sub tes yang dimaksudkan untuk mengukur penguasaan pengetahuan dan kemampuan peserta dalam mengimplementasikan nilai-nilai dalam 4 Pilar Kebangsaan Indonesia yaitu sebagai berikut.

  1. Pancasila
  2. Undang Undang Dasar 1945
  3. Bhineka Tunggal Ika serta
  4. Negara Kesatuan Republik Indonesia, dengan sub materi yaitu:
    • Mengenai sistem tata negara Indonesia, baik pada pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.
    • Sejarah perjuangan bangsa.
    • Peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global.
    • Kemampuan peserta dalam berbahasa Indonesia secara baik dan benar dan tidak ada pengurangan nilai untuk jawaban salah.

Tes Intelegensi Umum (TIU)

Sementara untuk sub tes TIU atau Tes Intelegensi Umum, kamu akan mengerjakan sebanyak 30 butir soal, dengan skor nilai 5 untuk jawaban benar. Sub tes TIU sendiri bertujuan untuk mengukur kemampuan intelegensi peserta pada 4 area, yaitu sebagai berikut

  1. Kemampuan verbal: kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tertulis.
  2. Kemampuan numerik: kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.
  3. Kemampuan berpikir logis: kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.
  4. Kemampuan berpikir analitis: kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Terakhir, kamu akan menghadapi sebanyak 35 butir soal pada sub tes TKP atau Tes Karakteristik Pribadi dengan skor yang berkisar antara 1–5 untuk setiap jawaban. Sub tes TKP bertujuan untuk mengukur kepribadian peserta pada 11 karakteristik yaitu sebagai berikut.

  1. Integritas diri
  2. Semangat berprestasi
  3. Orientasi pada pelayanan
  4. Kemampuan beradaptasi
  5. Kemampuan mengendalikan diri
  6. Kemampuan bekerja mandiri dan tuntas
  7. Kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan
  8. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok
  9. Kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain
  10. Orientasi kepada orang lain
  11. Kreativitas dan inovasi

Ketentuan Skoring Tes SKD Kedinasan

Dari seluruh soal yang telah dikerjakan, kamu akan mendapatkan nilai maksimal adalah 500 sesuai dengan sistem penilaian yang sudah Mamikos sebutkan di atas. Total nilai 500 tersebut terbagi menjadi sebagai berikut.

  1. Nilai maksimal TKP: 175 (seratus tujuh puluh lima)
  2. Nilai maksimal TIU: 150 (seratus lima puluh)
  3. Nilai maksimal TWK: 175 (seratus tujuh puluh lima)

Dengan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), kamu akan langsung mengetahui total nilai yang kamu dapatkan setelah kamu menyelesaikan Tes SKD Kedinasan. Nah, kamu harus melewati passing grade atau ambang batas nilai agar kamu dianggap lolos dan bisa melanjutkan kepada tahap selanjutnya. Berikut ini adalah standar Passing Grade sesuai dengan Permenpan Nomor 6 Tahun 2019.

  1. TKP nilai minimal 143 atau 29 Soal dengan Skor 5.
  2. TIU nilai minimal 80 atau 16 soal jawaban benar.
  3. TWK nilai minimal 75 atau 15 soal jawaban benar.

Tips Menjawab Soal Tes SKD Kedinasan 2020

Dari ketentuan skoring dan materi Tes SKD Kedinasan yang sedemikian rupa detail, kamu tentunya harus bisa menyusun strategi agar kamu lulus pada tahap ini. Selain dengan sering berlatih soal-soal Tes SKD Kedinasan tahun-tahun sebelumnya, kamu juga harus tahu beberapa tips menjawab soal Tes SKD Kedinasan agar kamu tidak salah langkah. Apa saja tips menjawab soal Tes SKD Kedinasan yang bisa kamu terapkan? Ini dia, daftar lengkap 5 tips menjawab soal Tes SKD Kedinasan dari Mamikos.

1. Menjawab Semua Soal

Dari sistem penilaian yang sudah Mamikos sebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa kamu tidak akan mendapatkan pengurangan nilai jika kamu menjawab salah. Maka dari itu, tips menjawab soal Tes SKD Kedinasan yang pertama akan Mamikos berikan adalah menjawab semua soal. Kamu sangat disarankan untuk menjawab semua butir soal Tes SKD Kedinasan. Usahakan untuk tidak mengosongkan satu pun jawaban pada soal yang kamu kerjakan.

Sesuai dengan ketentuan di atas, kamu tidak akan kehilangan satu pun skor jika menjawab salah. Maka dari itu, kamu tetap harus menjawab meskipun kamu tidak tahu apa jawaban yang benar. Kamu bisa memperkirakan jawaban mana yang kira-kira sesuai dengan pertanyaan dan jawablah dengan pilihanmu. Kalau ternyata benar, kamu akan mendapatkan skor 5 dan itu akan menambah peluangmu untuk bisa melewati ambang batas nilai.

2. Jangan Terlalu Fokus Pada Satu Soal Saja

Tips menjawab soal Tes SKD Kedinasan yang kedua adalah jangan terlalu fokus pada satu soal saja. Secara total, kamu harus mengerjakan 100 soal yang diberi waktu pengerjaan selama 90 menit. Artinya, kamu hanya memiliki waktu pengerjaan untuk 1 soal kurang dari 1 menit. Tak jarang, kamu juga akan menemukan soal yang cukup sulit dan membutuhkan waktu pengerjaan yang lebih lama dibanding dengan soal lainnya.

Dengan waktu yang bisa dikatakan singkat tersebut, kamu tidak boleh hanya terpaku pada satu soal saja. Jika kamu menemukan soal semacam itu, ada baiknya kamu lewati dulu soal tersebut dan kamu bisa melanjutkan ke soal yang berikutnya. Jika nanti setelah selesai mengerjakan semua soal kamu masih memiliki sisa waktu, kamu bisa mengerjakan kembali soal tersebut. Dengan begitu, kamu akan lebih leluasa untuk berpikir lebih tentang soal tersebut.

3. Kerjakan Soal yang Lebih Mudah Terlebih Dahulu

unsplash.com

Seperti tips menjawab soal Tes SKD Kedinasan yang kedua, kamu akan menghadapi beragam soal dengan berbagai tingkat kesulitan. Tips menjawab soal Tes SKD Kedinasan yang kedua adalah kamu harus mengerjakan soal-soal yang lebih mudah terlebih dahulu. Kalau kamu memilih mengerjakan soal yang sulit di awal waktu pengerjaan, kamu akan cepat kehabisan waktu dan tidak bisa mengerjakan soal yang lain. Dengan mengerjakan soal-soal mudah di awal waktu pengerjaan, kamu akan punya lebih banyak waktu untuk mengerjakan soal yang lebih sulit.

4. Siapkan Senjata Lengkap Untuk Berperang


Kamu tidak akan bisa memenangkan suatu perang tanpa memiliki strategi dan persiapan. Persiapan adalah kunci utama agar kamu bisa memenangkan suatu peperangan, termasuk juga dalam mengerjakan Tes SKD Kedinasan. Maka dari itu, tips menjawab soal Tes SKD Kedinasan yang selanjutnya dari Mamikos adalah mempersiapkan diri secara matang untuk menghadapinya. Dengan persiapan yang matang, kamu akan menjadi lebih percaya diri untuk mengerjakan soal-soal Tes SKD Kedinasan.

Persiapan tersebut bisa kamu lakukan dengan berbagai macam cara seperti belajar dan berlatih soal atau dengan mengetahui informasi seputar gambaran soal yang akan kamu kerjakan nanti. Singkatnya, soal-soal yang akan kamu kerjakan dalam Tes SKD Kedinasan adalah gabungan dari soal TPA, Sejarah, Kewarganegaraan, dan Karakteristik Pribadi. Untuk bisa menjawabnya, kamu harus mengerti dasar materi yang akan diujikan dengan sering-sering mencari informasi dan contoh soal. Jadi, bisa disimpulkan bahwa persiapan yang matang akan memperbesar peluangmu lulus Tes SKD Kedinasan.

5. Mendahulukan TKP


Seperti yang sudah Mamikos sebutkan sebelumnya, sub tes TKP bertujuan untuk melihat kemampuan kamu dalam beradaptasi, bekerja sama dalam tim, pelayanan publik, teknologi informasi dan komunikasi, karakter, integritas, dan lain sebagainya. Sistem penilaian dalam TKP adalah setiap jawaban akan diberikan skor 1 hingga 5 sehingga tidak ada jawaban yang dianggap salah. Maka dari itu, tips menjawab soal Tes SKD Kedinasan yang terakhir adalah dengan mengerjakan soal TKP terlebih dahulu. Selain itu, soal TKP juga tidak banyak menguras analisa sehingga kamu bisa memiliki waktu untuk mengerjakan soal yang lebih sulit seperti pada sub tes TIU.


Artikel Terkait

Komentar


PENTING!!

Semua tulisan merupakan pendapat pribadi dan tidak mewakili pihak mana pun. Jika berasal dari sumber lain, maka akan tertulis jelas pada setiap tulisan.

Semua tulisan bisa diambil, copy, dishare, atau digandakan. Tapi ingat, hargai karya orang dengan mencantumkan sumber aslinya.

© Zain Usman Design by Seo v6